Selasa, 17 Desember 2013

       



        Name gue Rasti Amaliani, lu bise panggil gue rasti dan gue asli betawi. Gue seorang mahasiswi kuliahan semester 3 fakultas kedokteran di salah satu universitas tername di pualu jawa, bahkan dapat dikatakan di seluruh kawasan Indonesia. Semua ini berkat jerih payah gue buat dapetin beasiswe dan pade akhirnye gue dapetin ntu beasiswe. Gue pernah dapet dua beasiswe, yang pertame dari Indonesia dan yang kedue datang dari jerman. Tapi gue pilih beasiswe Indonesia, karene disuruh ortu agar bisa diawasin. Yah gue sih nggak ape-ape … Sekarang nni gue tinggal sama temen-temen gue di kos-kosannye Mak Ipeh. Lokasinye nggak  jauh kok dari tempat kuliah gue. Temen-temen gue nganggap Mak Ipeh itu orangnye rade-rade galak gitu. Tapi menurut gue nggak kok, itu mungkin karene mereka terlambat bayar uang kosnye aje. Yang namanye Mak Ipeh ntu di kos-kosan gue kalo gak ade yang bayar kos-kosan die pasti galak banget. Sebelum gue beranggapan baik tentang Mak Ipeh. Gue pernah diselamatkan die dari sebuah kecelakaan yang hampir merenggut nyawe gue pade kamis malam di sebuah jalan yang jarang dilewati orang-orang dan kejadian tersebut hampir merenggut nyawe gue pade malam hari itu. Tapi untung hingga saat  sekarang gue masih bisa hidup. Setelah kejadian tersebut gue jatuh pingsan dan gue dibawa ke kos-kosannya yang sekarang menjadi tempat tinggal gue sementare gue kuliah. Ketika gue bangun dari pingsan, die nanyain kenapa bisa gue terdiam saja ditengah jalan padahal ade mobil didekat(di depan) gue.
              Yah, gue jawab sejujurnye aje. Saat ntu gue lagi nyari tempat tinggal minimal kos-kosanlah buat gue tinggal sementara selame gue nyelesaiin kuliah gue disini. Dan selame gue mencarinye gue melihat seorang anak kecil perempuan  yang duduk ditengah jalan yang sedang nangis. Kale ntu ketike gue ingin ndekatinye die menoleh kearah gue dan gue mpun terkejut ngelihatnye dan saat itu pun die lari ke balik suatu pohon yang berade di tepi jalan itu. Nah, disaat itulah gue sendiri bingung. Kenape ye… gue bisa terdiam gitu kayak kaku dan gak bise bergerak sedikitpun dari tempat gue berdiri bagaikan batu. Dan disaat itu juga muncul mobil di jalan ingin melewati jalan tersebut  dan hampir mendekati gue. Gue denger suara klakson mobil ntu namun ape daye, gue juge ngerase gak bisa gerak seperti patung batu. Nah, disaat itulah Mak Ipeh ngelihatnye dan Mak Ipeh narik gue dari tempat gue berdiri dan akhirnye gue terselamatkan lalu gue pun jatuh pingsan.
         Setelah Mak Ipeh mendengarkan penjelasan gue yang sangat panjang dan lebar, Mak Ipeh pun menjelaskan ape yang terjadi sesungguhnye. Mak Ipeh bilang Pade tujuh hari lalu, sebelum kedatangan gue  terjadi sebuah tragedy kecelakaan yang merenggut nyawe seorang anak kecil dan pengasuhnye. Anak kecil itu duduk ditengah jalan (ntu pengasuh bukan jaga kali ye…)dan ketika mobil lewat pengasuhnye ingin menyelamatkannye. Namun, tak dapat diselamatkan. Eh.. Malah pengasuhnye ikut ditabrak ntu mobil. Dan akhirnye tempat ntu katanye sih jadi angker gitu semenjak kejadian tersebut. Dan Ternyatenye lagi  kejadian yang diceritakan Mak Ipeh pada gue ntu kurang lebih same ape yang gue alami waktu ntu. Yang membedakannye hanye tidak ade seorang pun selain anak kecil itu.

    nni hari pertame masuk ke fakultas kedokteran semenjak libur semester 3 dan sekarang udah masuk semester 4. Akhirnye ini adalah kelas semester gue yang terakhir (ada gak kelas akselerasi?....) buat kuliah disini. Dan nantinye gue bakal lanjutin kuliah ke amrik (bahasa gaul amerika). Oh ye gue belum kenalin 2 sahabat gue yang beda fakultas. Yang pertame ntu yuki, seorang wanita berparas oriental(tau gak tu oriental?) dan dia kuliah di fakultas seni. Yang keduanye, suti name lengkapnye sutiyem ngatinem. Yang gue lucu dari die ntu, bahasa jawanye medok banget dah. Sampe – sampe kalo die ngomong gue bisa ketawa trus-trusan.  Malam ni gue bertiga mau ketemuan di sebuah kafe. Gue mau ngomong ntu peristiwa yang nimpe gue. Soalnya sampe sakarang ntu hantu kecil masih ade nongol di bayang- bayang gue. Waktu pun berlalu dan gue pun udah nunggu ntu dua temen gue. “ mane…., dua tuyul nih, kagak nongol-nongol dimari…” kate gue udah kesel banget. Eh… giliran udah gue ngomong kayak gitu aje mereka langsung muncul. “eh…, wes nunggu lama tik…” kate suti dengan jawe medok. “tak, tik, tak ,tik…. Lu bedue kemane aje sih, gue udah nunggu lame… kayak gini lu kagak nongol-nongol” kate gue udah dongkol banget. “sau seli sauwe niao, gomen… gomen nia…” kate yuki. “eh… yuk, lu ntu kalo kagak bise mandarin jangan sok-sok an ye…,” kate gue. “hahahha…. Ya… ya…tapi sikit sikit lah” kate yuki. “wes, wes, ojo marah-marah koyo ngono lah tik…” kate suti beri nasehat. “hemm…oh ya… kamu mau ngomong apa ras?” kate yuki. “gue punye masalah ni, lu bedua bisa bantu gue kagak?” kate gue. “bantu apaan ras?” kate yuki. “ yo,tik, bantu opo?” kate suti. “gini, gue ngalemin kejadian-kejadian aneh akhir-akhir ni..”kate gue sambil ngingat ntu kejadian. “ emangnya kejadian apa ras? Kayaknya kamu kayak takut gitu..” kate yuki yang tampak heran. “yo, tik. Koe iku ketok ne koyo wedi iku loh… ono opo sih tik..”kate suti dengan logatnye. “gini, yuk… sut…, gue kemarin liat hantu…” jelas gue. “ hantu?” jawab yuki dan suti dengan serentak. “iye, waktu ntu….” Jelas gue panjang lebar sambil ngingat-ngingat. Setelah satu jam gue cerite (ntu satu jam kagak cerite semue ye…) pade akhirnye mereka berdua hanye merenung tak jelas. “woy…, lu ntu denger cerite gue apa kagak sih… ?” tegur gue yang ngebangunin kedua temen gue ntu dari lamunanye. “eh… sorry ras… aku Cuma ngebayangin kok..” jawab yuki. “iyo…iyo tik..” sambung suti. “ya udahlah, lu berdua pasti kagak ade percaya ame gue” kate gue dengan nada sedih. “eh, orak kok tik, aku karo yuki percoyo karo koe” kate suti yang membujuk gue. “iya, ras. Aku percaya kok” sahut rasti.

    Akhirnye kite semue pulang dengan jalan kaki. Di perjalanan, kite ngerasain hal yang aneh. Padahal biasenye kite pulang lewat jalan ini dan banyak orang. Tapi, untuk ni pertame kali. Jalannye begitu sepi kayak kagak ade siape-siape. “tik, aku weddi…, orak koyo biasa ne. biasa ne iku rame” kate suti yang agak ketakutan. “iya ras, aku juga takut ni. Perasaanku nggak enak” sahut yuki. Entah kenape gue nggak ngirauin kate-kate mereka. Gue hanya focus terhadap ape yang gue liat. “ras, kamu kenapa kok ngelamun tengah jalan?” tegur yuki yang langsung memukul pundak gue. “eh..? mmm,enggak nggak ade ape-ape. Ya udah yuk cepetan kite pulang” kate gue yang tersadar dari pandangan gue sebelum di tegur same yuki.

    Keesokan harinye, gue bangun lebih awal dari biasenye. Padahal jam kuliah gue hari ini jam 10. Setelah bangun tidur gue ngeliat ke cermin di lemari gue. Tiba – tiba gue ngeliat sesuatu yang berlari sepintas di cermin dan seketika ntu pun gue berbalik arah ke tempat sosok sepintas ntu buat gue liat. Dan ketika gue berbalik arah melihat cermin lagi, gue kagak berani buat ngeliatnya. Karena gue ngerasa ni kejadian bakal mirip kayak di pelem-pelem horror Hollywood ntu yang hantunya serem-serem banget dan ngejutin. Rase penasaran gue akan hal ntu agar ngeliat cermin makin kenceng dan tanpa takut-takut lagi gue ngeliat ntu cermin dengan merem melek. Eh ternyate dugaan gue salah, rupanye kagak ade hantunye. Tapi perasaan gue masih kagak enak nih, langsung gue balikkin badan mau keluar kamar. Eh… ntu hantu anak kecil (masih ingat kan cerita awal, sosok hantu anak kecil yang duduk di tengah jalan malam-malam) muncul di depan gue bertangis darah. Lah gue langsung cabut keluar eh malah kejedod pintu. Nah setelah ntu gue kagak sadarkan diri dan saat gue sadarkan diri gue ade di tempatnye mak Ipeh. “sudah bangun nak” tanye mak ipeh ke gue sambil memberikan secangkir teh hangat arome melati. “ udeh mak, tapi masih rada-rada pusing sedikit mak” jawab gue menerima teh ntu. “hantu itu lagi?” tanye mak ipeh yang kedua kalinye. “iye mak, aye ngeliat lagi ntu hantu anak kecil yang prnah aye liat kala ntu malam” jelas gue ke mak ipeh. “kamu harus tahu apa yang dia inginkan rasti” saran mak ipeh. “ ape mak? Kagak salah nni? Mandangnye aje aye takut ape lagi nyari tau ape maunye die” kate gue dengan terkejut. “hantu itu, penasaran karna ada maunya. Jadi kamu harus cari tahu apa maunya” kate mak ipeh. “hmm… makasih mak atas tehnye” kate gue langsung beranjak pergi.

    Sekarang gue di kampus, dari tempat kos-kosan sampe di kampus gue masih aja kepikiran same kate-katenye mak ipeh yang ade benernye juge. “hai ras,” sapa yuki dan suti dari kejauhan ke gue. “eh…, lu pade” kate gue yang masih kepikiran. “ono opo tik? Opo koe masih kepikiran?” kate suti. “iye ni sut, gue masih kepikiran same hantu tu anak kecil yang terus neror gue..” jelas gue. “ke paranormal aja tik” saran suti. “hari gini masih percaya sama yang gituan? Penipu tu suti… “ kate yuki. “iye sut” sambung gue. “gini aja ras, gimana kalo kamu nyelidikin aja kenapa itu anak muncul dan neror kamu terus” saran yuki ke gue. “kok saran lu sama kayak mak ipeh?” tanya gue. “kebetulan mungkin” jawab yuki. “hmm, ade benernye juge ye… ok. Dah gue bakal cari tahu ape maunye ntu hantu cilik.

    Malam hari, gue bener-bener pusing ape yang bakal gue lakuin dengan sarannye mak ipeh same yuki. Sudah satu jam ni, gue mondar-mandir di teras depan kos-kosan. Beberapa menit kemudian, suti dan yuki datang karena sebelumnya siang tadi gue suruh mereka berdua buat datang ke tempat kos-kosan gue buat ngomongin gimane caranye nanya same tu anak kecil. Dan akhirnye berujung pergi ke tempat gue ngeliat pertame kalinye.

    Akhirnye pun gue dengan kedua temen gue ntu pergi kesana dan sekarang udah tiba. Tapi, tak ade ape-ape yang gue liat. “ras, mana hantunya?” kate yuki yang celingak-celinguk liat kemane-mane. “hus, yuk jangan lu panggil-panggil. Nanti muncul di depan lu” kate gue. “tik….” Kate suti yang kayaknye mulai ketakutan. Tiba-tiba si suti same yuki langsung pingsan begitu aje. Langsung gue teriak-teriak minta tolong di jalan yang sepi ntu. Akhirnye kagak ade yang nolong gue malah nangis, tiba-tiba hantu kecil itu muncul dan gue pun ikut-ikut pingsan.

    Tak lama kemudian gue terbangun, sementara suti same yuki kayaknye masih pingsan. Setelah ntu gue liat-liat ke sekitar, tiba- tiba aje kabut muncul sedikit demi sedikit dan tiba-tiba aje ntu hantu anak kecil muncul langsung gue kejar ntu anak (berani amat ye..). eh malah, kabur ntu anak. Makin ntu anak berlari kencang gue pun makin ngejarnye sampai tibalah gue tanpe sadar  di depan sebuah pohon besar yang diatasnye ade rumah. Perasaan gue makin merinding dan gue sadar same yuki dan suti yang udeh gue tinggalin. Langsung gue berbalik buat nyusul ke tempat suti dan yuki. Tapi, gue liat ni tempat udah berbeda padahal perasaan gue masih dekat dengan tempat suti same yuki. Pikir ni tempat udah beda, yah gue masuk aje ke rumah ntu.

    Tibanye gue di dalam, beda banget auranye(sok-sokan ngerasain aure). Eh tiba-tiba ntu anak ade di depan gue, udah ntu nangis lagi. Yah, gue samperin aje. “dek knape nangis?” kate gue. Tiba – tiba die langsung meluk gue. Astagfirullah … bukannye gue takut eh .. gue malah kasian same ni anak. “adek, nggak usah nangis ye…” kate gue yang mengusap kepalanye.

    Waktu pun berlalu, akhirnye, ntu anak cerite juge same gue. Entah kenape gue bukan takut malah kebawa same suasana harunye mengdengar cerite ntu anak kecil. tanpa gue sadari, gue udah bangun di tempatnye mak ipeh, suti dan yuki pun kayaknye udah bangun dari tadi sebelum gue bangun. “tadi kita dibawa sama mak ipeh ras” kate yuki. “ha? Nah lu berdua knape pingsan?” tanye gue. “nggak tau ras kami tiba-tiba aja ngerasa lemas dan pusing” jawab yuki ke gue.

 Sudah enam bulan berlalu, malam ini bintang banyak bertebaran di langit dan juga ade bulan purnama. Semenjak kejadian ntugue lebih banyak paham tentang anak ntu. Dan semenjak kejadian ntu pula gue malah banyak berteman sama ntu hantu anak kecil. “kak, main yuk” kate hantu anak kecil ntu yang tiba-tiba muncul dan ngajak main gue. “yuk lah… tapi besok siang lu tidur ye…” kate gue mengelus kepalanye. “iya kak…” kate ntu anak kecil.

    Ternyate, dunia hantu ntu lucu juga ye, ade sebagian kegiatan mereka yang terbalik dengan kegiatan manusia. Contohnye aje mereka ntu tidur di siang hari. Kate miky (name ntu anak) hantu anak kecil yang main siang hari ntu anak bandel karena mereka nggak mau tidur… 





^_^  TAMAT  ^_^

0 komentar :

Posting Komentar