Sabtu, 21 Desember 2013

MEMBUAT SENDIRI KONSTRUKSI VERTICAL GARDEN


Penampakan Sistem Vertical Garden sistem kantong dengan luasan besar
Kawasan perkotaan sangat identik dengan mahalnya nilai lahan. Hal ini menyebabkan penduduk kota harus lebih kreatif dan inovatif dalam mensiasati dan menata lingkungannya baik di perumahan maupun di kawasan perkantoran.  Secara naluriah manusia mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap alam sehingga sebisa mungkin akan berusaha utuk mendekatkan elemen-elemen alam tersebut kedalam kehidupannya.  Salah satu elemen alam yang sering digunakan dalam melampiaskan ‘kerinduan’ akan alam tersebut berupa tanaman baik berdiri sendiri sebagai individu maupun berkelompok dengan komposisi berupa taman. 
Keterbatasan lahan ruang luar tersebut menyebabkan halaman rumah maupun kantor sekalipun menjadi sempit dan sangat terbatas.  Namun keterbatasan lahan ini tidak menyurutkan warga kota untuk menampilkan taman sehingga suasana rumah/ kantor lebih ‘hijau’ dan dingin.  Salah satu konsep taman yang saat ini sedang marak dan menjadi perhatian masyarakat luas adalah penggunaan vertical garden atau seringkali disebut taman tegak.  Vertical garden sendiri merupakan perluasan dari vertikultur yang sudah banyak di aplikasikan di Indonesia dengan menanam sayuran pada media tanam tanah (atau media lainnya) pada sebuah pot atau wadah  yang ditata secara vertical.  Khusus untuk vertical garden ini dibuat dengan tanaman hias disertai dengan desain tata letak yang cantik dan indah menyesuaikan bentuk ruang.
Vertical Garden 04
Gambar 1. Vertical Garden dengan tanaman hias pot yang ditata vertical
Keinginan mempunyai vertical garden yang tinggi ditunjang dengan masih sedikitnya pengetahuan akan konstruksi vertical garden membuat konsep ini dihargai sangat mahal di pasaran, bahkan beberapa perusahaan penyedia jasa pembuatan vertical garden mematok harga lebih dari 2 juta rupiah per meter persegi.  Harga yang mahal ini kadangkala membuat konsumen ciut sehingga keinginan menampilkan taman di lahan rumah/kantor yang sempit menjadi tertunda bahkan tidak jadi.
Mahalnya pembuatan konstruksi vertical garden tidak lepas dari beberapa bahan yang masih di import dari luar negeri terutama bahan yang bersifat modul (Gambar 2).  Namun untuk menampilkan vertical garden, sistem modul bukanlah satu-satunya sistem yang bisa diaplikasikan untuk mempercantik rumah/kantor anda.  Ada beberapa sistem lain yang bisa diterapkan tergantung luasan dinding yang ‘ditanami’ maupun jenis tanaman yang akan ditampilkan sehingga lebih murah dan terjangkau.

Vertical Garden 05
Vertical Garden 06
 Gambar 2. Sistem modul yang terbuat dari pabrikan.
Sistem vertical garden yang paling murah dan mudah untuk diaplikasikan sebenarnya adalah dengan menggunakan sistem kantong baik yang terbuat dari lembaran filter geotextile maupun bahan screen.  Bahan bahan ini digunakan karena sifatnya yangmampu menahan media tanam tetapi air masih bisa tembus untuk sistem pengairan media.  Sistem kantong bisa dibuat secara mesin dengan mesin jahit khusus bahan tebal (missal bahan kain jeans atau mesin jahit terpal) maupun dengan sistem jahit tangan. Gambar 3 menunjukkan sistem jahit dengan mesin khusus untuk luasan vertical garden yang relative kecil.
Detail Kantong jahit mesin
Detail Kantong jahit mesin
Detail Kantong jahit
Detail Kantong jahit
Vertical Garden 07
Gambar 3 Sistem Kantong
Untuk luasan vertical garden yang lebih luas, sistem kantong dengan mesin jahit dirasa kurang praktis saat konstruksi sehingga lebih mudah dengan sistem manual.  Bahan jahit manual untuk sistem kantong luas bisa menggunakan bahan senar (tali pancing) dengan diameter tali senar yang cukup besar (bahan senar pancing laut).  Gambar 4 menunjukkan konstruksi vertical garden dengan sistem kantong untuk area yang luas dan panjang.  Pada konstruksi ini selain penggunaan material dan bahan senar juga sistem kerangka di belakang kantong-kantong yang dibuat.  Material yang paling kuat adalah dengan mengunakan tulangan beton dengan diameter minimal 12mm yang dibuat seperti jaring yang batangan dihubungkan dengan las.  Selain besi bisa juga digunakan dengan konstruksi Galvalum batangan C yang juga didesain seperti jarring.  Penentuan ukuran material dan jarak yang digunakan sangat ditentukan luasan vertical garden, semakin luas tentunya beban akan semakin berat dan konstruksi harus dibuat semakin kuat. 
Penampakan Sistem Vertical Garden sistem kantong dengan luasan besar
Penampakan Sistem Vertical Garden sistem kantong dengan luasan besar

Detail konstruksi sistem kantong jahit manual
Detail konstruksi sistem kantong jahit manual

Tahapan konstruksi vertical garden sistem kantong jahit manual adalah sebagai berikut :
  1. Hitung luasan dinding yang akan ditutupi vertical garden, semakin tinggi area, bahan konstruksi kerangka belakang dibuat lebih besar dan kuat.
  2. Sambungkan kerangka pada dinding yang akan ditutupi, terutama pilih bagian dinding yang berupa beton bertulang
  3. Tata bahan lembaran screen/filter geotextile membentuk kantong-kantong dengan jarak tertentu (penentuan jarak tergantung besar kecil tanaman).
  4. Jahit kantong dengan bahan senar pancing besar pada setiap pertemuan penguat konstruksi di belakang (pada pertemuan batang vertical-horisontal) sehingga terbentuk kantong-kantong yang banyak dan panjang.
  5. Masukkan pipa sistem irigasi tetes sehingga terikat kuat di simpul senar bagian dalam.
  6. Masukkan media tanam ke dalam kantong-kantong terbentuk
  7.  Tanam tanaman hias sesuai desain yang diinginkan kedalam kantong -kantong yang telah diberi media.  Perhatikan pemilihan jenis tanaman, sesuaikan syarat tumbuh tanaman dengan kondisi lokasi vertical garden (kebutuhan cahaya, air dll)
  8. Apa saja tanaman hias tersebut ?
    Neoregelia
    Marga ini kerap dinamakan dengan bromelia. Padahal bromelia adalah nama keluarga dari banyak genus tanaman. Neoregelia yang umum digunakan di taman vertikal antara lain jenis Neoregelia olens dengan daun merah polus berujung rata, lalu Neoregelia carolinae dengan corak daun bergaris.
    Kuping gajah (Anthurium crystalinum)
    Tanaman ini memiliki ciri daun berbentuk hati dengan urat daun putih keperakan. Kuping gajah ada yang berhelai besar (jenis lama) dan berhelai kecil (jenis baru). Jenis daun kecil kerap digunakan untuk taman vertikal.
    Tanduk rusa (Platycerium bifurcatum)
    Tanaman ini dinamai tanduk rusa karena daunnya mirip dengan tanduk rusa jantan. Tumbuhnya menempel di barang kayu, marga ini dibiakkan dengan spora, ia menyukai tempat yang teduh dan lembab.
    Lili paris (Chlorophytum comosum)
    Daun tanaman ini panjang dengan garis putih kekuningan. Biasanya digunakan untuk tanaman border atau pot gantung. Lili paris tahan terhdap matahari langsung dan tumbuh optimal di tempat yang ternaungi.
    Cryptanthus
    Tanaman ini tahan terhadap sinar matahari terik sekaligus bisa di tempat yang memiliki naungan. Tanaman ini memiliki banyak warna daun, mulai dari hijau, abu-abu, coklat hingga garis-garis putih. sebagai aksen di taman vertikal, dapat disandingkan dengan Bromeliaceae.
    Lipstik (Aeschynantus Radicans)
    Tanaman ini tumbuh menjalar dengan batang yang panjang. Daunnya berbentuk ginjal (cordata), berwarna merah hati dnegan garis perak dan berbulu. Bunganya berwarna merah menyala.
    Kadaka (Asplenium scolopendrium)
    Tanaman ini hampir sama dengan Paku sarang burung, hanya jenis daunnya lebih kecil. Pinggirnya bergelombang berwarna hijau muda.
    Sirih Merah
    Jenis tanaman ini menyenangi tempat teduh, tumbuhnya menjalar dengan batang berbuku, daunnya berwarna merah dengan garis perak. Sebagai tanaman pengisi taman vertikal, Sirih Merah tampil dengan warna merahnya.
    Singonium
    Tumbuhan perdu dengan tinggi tak lebih dari 30 sentimeter ini memiliki daun berbentuk hati dengan warna daun campuran antara putih dan hijau. Tanaman ini gampang tumbuh asalkan cukup air.
    Kucai
    Kucai merupakan jenis bawang-bawangan terkecil dari famili Alliaceae. Tanaman umbi-umbian setinggi 30 - 50 sentimeter dan lebar 1 sentimeter, dengan daun berbentuk tabung hampa sekitar 50 sentimeter ini memiliki tekstur lembut. Bunga dari Kucai berwarna pucat ungu, berbentuk bintang dengan enam kelopak bunga lebar.
     
  9. Beri pupuk tanaman baik pada media maupun bisa disertakan dalam irigasi tetes.
  10. Irigasi bisa dibuat secara otomatis dengan timer maupun secara manual
  11. Selamat mencoba, semoga berhasil menghijaukan rumah/kantor anda….

0 komentar :

Posting Komentar