Kamis, 01 Mei 2014


kentang goreng

  PlanetSehat.com

Kita semua tahu kalau kentang sering kali dimakan oleh orang sebagai cemilan. Sebut saja kentang goreng yang sering kita temukan di tempat – tempat seperti Mcdonald, wendys dan tempat lainnya. Apalagi kalau kentang dimakan dengan saus dan sambil nonton TV, pasti akan sangat menyenangkan sekali.
Tapi apakah anda tahu konsumsi berlebihan dapat mengganggu kesehatan kita?? berapa banyak kah konsumsi kentang baru dianggap mengganggu kesehatan? Pada artikel kali ini kita akan membahas masalah itu, jadi coba anda simak baik – baik.
Kentang sering disebut sebagai sayuran magic. Kentang disukai banyak orang baik itu orang tua maupun anak – anak karena hanya dengan kentang saja kita dapat membuat banyak sekali resep makanan. Dengan hanya mengiris secara halus, kemudian di goreng dan dimakan berbarengan dengan minuman beralkohol, WOW pasti sangat luar biasa sekali rasanya.

Kentang Berbahaya??

Tapi para pakar diet, ahli jantung dan spesialis ginjal justru menyarankan agar kita menghindari kentang sebanyak yang anda bisa?? pernah kah anda bertanya mengapa harus demikian? Ada yang mengatakan bahwa kulit kentang juga berbahaya bagi pasien ginjal karena mengandung banyak kalium yang tidak baik untuk mereka.

Lain halnya dengan beberapa para nutritionalists yang berpendapat bahwa kentang akan sehat untuk tubuh jika disajikan dalam bentuk yang tepat. Penggorengan dan bumbu yang digunakanlah yang sebenarnya membuat kentang itu menjadi buruk. Kentang dikenal sebagai sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral tetapi masalahnya adalah sering kali disajikan dengan topping kalori tinggi seperti keju, mentega dll.
kentang gorengHal ini lah yang menyebabkan kenapa kentang dapat berbahaya. Jadi gimana cara makan kentang jika tidak digoreng?? Baiklah mari kita bahas sama – sama…

Cara Sehat Makan Kentang

Inilah sebenarnya cara sehat untuk makan kentang, coba anda ikuti step- step dibawah ini :
  1. Kentang Goreng adalah musuh kesehatan. Mereka mengandung racun tertentu seperti akrilamida yang berbahaya bagi manusia. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah hal ini adalah merebus kentang dan melestarikannya dalam asam / lemon atau jus antioksidan.
  2. Kentang dengan warna Hijau juga dikatakan berbahaya untuk kesehatan karena mengandung solanin yang bisa menyebabkan sakit radang sendi. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan mengikis bagian hijaunya dan mengambil sisanya.
  3. Kentang berisi 150 kalori sehingga anda harus bisa menyesuaikan dengan asupan kalori harian anda, jika melebihi maka sebaiknya anda tidak makan kentang.  Caranya membatasi atau lebih tepatnya mengganti kentang dengan sayuran yang ebih baik dan kaya akan serat.
  4. Hindari krim yang tidak perlu atau mentega pada sayuran berkalori tinggi. Juga hati-hati dengan minuman yang anda kombinasikana dengan makan kentang. Minuman beralkohol juga mengandung kalori yang tinggi.
kentang rebus

Kesimpulan

Jadi sebenarnya yang tidak sehat itu bukan kentangnya melainkan cara anda makan dan menyajikan kentang tersebutlah yang membuat orang beranggapan bahwa kentang itu berbahaya.
Selalu sajikan kentang dengan cara yang sehat sehingga vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya pun akan terserap dengan baik kedalam tubuh

0 komentar :

Posting Komentar